Friday, January 30, 2009

PENDIDIKAN YANG MEMERDEKAAN SISWA



JUDUL BUKU : PENDIDIKAN YANG MEMERDEKAAN SISWA
PENULIS : Ign. Gatut Saksono
ISBN :
CETAKAN : I, Oktober 2008
PENERBIT : Rumah Belajar Yabinkas
Jl. C. Simanjuntak 8
GK. V / 380 Yogyakarta 55223
Telp. (0274) 588605
HARGA : 27.500,-


KATA PENGANTARA BUKU
Carut marut pendidikan di Indonesia telah menjadikan keprihatinan penulis. Sebagai orang yang pernah terlibat aktif sebagai guru dan dosen tidak ingin tinggal diam melihat degradasi pendidikan yang sedang melanda bangsa ini. Salah satu keprihatinan tersebut adalah nasib siswa atau anak didik kita yang bukan hanya bahan obyek pendidikan tetapi juga kesempatan untuk meraih cita-citanya banyak mendapat hambatan akibat sistem pendidikan kita.
Pendidikan telah bergeser dari cita-cita semula yang telah diamanatkan oleh konstitusi untuk mencerdaskan bangsa. Ia semata-mata menyiapkan siswa untuk terjun ke dalam “pasar”. Itu pun sulit dicapai, pendidikan gagal menjadikan anak yang handal, mampu bersaing masuk pasar bebas. Mau dikemanakan anak didik kita?
Buku ini hadir dengan menyumbangkan wacana dari para ahli dan pemikir pendidikan seperti Ivan Illich, Paulo Freire, Ki Hadjar Dewantara, Mangunwijaya, Ahmad Dahlan, dll. Kami berharap kehadiran buku ini akan disambut oleh para pelaku dan peduli pendidikan di tanah air.
Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang membantu terbitnya buku ini, terutama kepada Rumah Belajar Yabinkas yang telah bersedia menyunting dan menerbitkan naskah saya hingga menjadi buku.
Terima kasih juga saya ucapkan kepada beberapa perpustakaan, Dinamika Edukasi Dasar, Perpustakaan Taman Siswa, dan Yabinkas, sehingga penulis bisa mendapatkan bahan-bahan yang dapat diolah menjadi buku ini.
Demikian pula terima kasih saya ucapkan kepada istriku Bernadeta Sri Supadmi Hartanti dan anakku Agatha Gitty Chrisna Wisuda Wardhani yang telah mengijinkan suami/bapaknya bekerja keras, kurang memberi waktu kepada keluarga demi kesibukan menulis naskah. Tanpa dukungan pengertiannya mungkin penulis tidak bisa menyelesaikan buku ini dengan segera.
Terakhir terima kasih juga saya tujukan kepada Bapak Suradi, yang telah berbulan-bulan membantu penulis mengetik naskah tulisan tangan, mengoreksi ketikan di komputer dan sebagainya. Tanpa ketelitian dan kesabarannya tidak mungkin naskah ini dapat selesai dengan memuaskan.
Tanggapan baik lisan maupun tertulis dari pembaca sangat kami harapkan. Semakin banyak wacana yang masuk akan semakin baik bagi iklim dialog pendidikan di Indonesia dan rencana penerbitan ulang.

Dapatkan buku ini di toko-toko buku terdekat anda:
1. Gramedia
2. Gunung Agung
3. Karisma
4. Utama
6. Toga Mas
7. Social Agency

Ato Pemesanan langsung hub.
CV. Diandra Primamitra Media
Pusat: JL. Tasura No. 31, Pugeran, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yk
Telp. 0274-871159 (Up. M. Sholikin)
Cabang: Jl. Kebon Kelapa Raya No. 08, Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur
Telp. 021-85908215 (Up. M. Zaenal Lutfi)
Ongkos Kirim Tanggung Pemesan.
SMS Online: 081578784085
(Up. Yusuf)

No comments: